Knowledge management

Data adalah angka yang tidak memiliki konteks seperti 10 %, Rp 20 juta, dan sebagainya.
Informasi adalah suatu data yang memiliki konteks dan arti tertentu, misal tingkat inflasi 10 %, jumlah tabungan Rp 20 juta dan sebagainya. Sedangkan knowledge adalah sekumpulan informasi yang memiliki pola dan implikasi tertentu serta memiliki pengetahuan untuk memprediksi dan bertindak.

Jenis pengetahuan :
A. Explicit knowledge yaitu pengetahuan yang tertulis, terarsip, tersebar (cetak maupun elektronik) dan bisa sebagai bahan pembelajaran / reference untuk orang lain.
B. Tacit knowledge yaitu pengetahuan yang berbentuk know how, pengalaman, skill, pemahaman maupun rules of thumb.

Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) kriteria :
1. Menciptakan budaya perusahaan yang didorong oleh pengetahuan.
2. Mengembangkan knowledge workers melalui kepemimpinan manajemen senior.
3. Menyajikan produk/jasa/solusi berbasis pengetahuan
4. Memaksimalkan modal intelektualitas perusahaan.
5. Menciptakan lingkungan untuk berbagi pengetahuan secara kolaboratif.
6. Menciptakan suatu organisasi pembelajar.
7. Memberikan nilai tambah berdasarkan pengetahuan pelanggan.
8. Mentransformasikan pengetahuan perusahaan menjadi nilai tambah untuk pemegang saham / stakeholder.

Sumber : buku The new organizational Wealth, managing knowledge, Karl erik sveiby, San Fransisco.

Posted by ShoZu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: