kaizen

Kaizen berasal dari kata kanji kai yang berarti perubahan atau penyempurnaan dan zen yang berarti istimewa, baik, cantik, anggun. Kaizen adalah suatu sistem yang melibatkan setiap karyawan baik bawahan maupun atasan untuk memberikan saran perbaikan menuju sesuatu yang lebih baik lagi.

Penerapan kaizen dalam pengembangan diri :
1. Buang ide konvensional
2. Pikirkan bagaimana melakukannya, jangan memikirkan kenapa tidak bisa dilakukan.
3. Jangan cari-cari alasan, mulailah menanyakan apa yang sekarang sedang dilakukan.
4. Tak perlu sempurna, lakukan saja kendatipun itu hanya untuk mencapai 50% dari target
5. Perbaiki sekarang jika kita melakukan kesalahan.
6. Jangan belanjakan uang untuk membeli kaizen, gunakan kebijaksanaan kita.
7. Sikap bijaksana akan datang jika menghadapi kesulitan.
8. Tanyakan kenapa ? Lima kali dan cari akar masalahnya.
9. Cari kebijaksanaan dari sepuluh orang dibanding mencari pengetahuan dari satu orang.
10. Kaizen itu tak ada batasnya.

Sumber : masaaki imai dalam majalah luarbiasa (september2010).

Posted with WordPress for BlackBerry.

One Response to “kaizen”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: