Pak penghulu yang terlupakan

image

Di suatu acara pesta pernikahan, pak penghulu atau ‘tuan kadi’ datang tergesa-gesa naik sepeda motor jam 7.50 wib. Ternyata belum mulai acaranya. Pengantin prianya belum datang.
Pak penghulu pun duduk di kursi tamu paling belakang dan tidak ada yang menemani. Sambil pegang hand phone dan melihat jam sudah 08.15 wib. Janji akad nikah jam 08.00 wib, acara belum mulai juga.
Datanglah ibu separuh baya, “maaf tuan kadi” pengantin pria nya belum datang. “Tapi sudah berangkat kan bu ?. Bentar pak lagi saya telpon kata ibu tadi. Pak penghulu pun hanya tersenyum.
Sambil bergumam “biasanya acara terlambat karena penghulunya yang datang terlambat, sekarang terbalik, penghulunya yang tunggu pengantinnya.
Pukul 09.00 wib datang ibu yang lain sambil membawakan teh manis dan kue. Makan dulu pak sambil menunggu kata ibu tadi. Pak penghulu hanya terdiam. Pukul 09.15 wib telpon pak penghulu berdering ternyata dari istrinya. Pak penghulu harus pulang mengantar orang tuanya keluar kota. Sabar ma, acaranya belum mulai kata penghulu. Datang ibu lagi, “pak penghulu mohon maaf pengantin prianya baru berangkat jam 09.00″. Loh tapi katanya jam 08.00 bu kata penghulu sambil kecewa.
sudah 2 jam menunggu, kalau lebih dari 2 jam lebih baik pulang saja toh saya di sini tidak ada yang peduli sepertinya. Lebih sibuk dipersiapkan makanan dan musik dibandingkan acara ikad nikah.
Sendirian menunggu sambil sms istrinya. Sabar ma nanti kita antar orang tua jam 11 walau acara nikah ini biar ditinggal saja.
Akhirnya jam 10.15 wib datanglah pengantin prianya. Penghulu masih duduk karena tidak ada yang memberitahu. Semua tamu sudah masuk, penghulu masih di luar. Jam 10.30 barulah ada yang memanggil penghulu untuk masuk.
Penghulu pun dengan cepat melakukan acara ijab kabul. Lalu ada acara nasihat dari penghulu untuk pengantin dengan kecewa penghulu berkata ” mohon maaf saya tidak bisa memberi nasihat yg lama karena janjinya jam 08.00 sudah mulai dan sudah 2 jam saya menunggu. Dan saya ada acara lain yang sudah mendesak. Akhirnya pak penghulu pun keluar dari acara pernikahan tanpa ada yang mengantar dan semua sibuk dengan makanan dan musik untuk acara.
Semoga pak penghulu mendapat pahala dan berkah sabar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: